Minggu, 04 Oktober 2020

MANAQIB AYAHANDA TUAN GURU KH. MAHFUZ AMIN ( MUASSIS SEKALIGUS PENGASUH PON-PES IBNUL AMIN PAMANGKIH,BARABAI, KALSEL)

MANAQIB AYAHANDA TUAN GURU KH. MAHFUZ AMIN ( MUASSIS SEKALIGUS PENGASUH PON-PES IBNUL AMIN PAMANGKIH,BARABAI, KALSEL)



الحمد لله العلى الأعلى الذى خلق الموت والحياة ليـبلوكم ايكم احسن عملا, وحكم على خلقه بالبعـث والفصل الى دار القضآء لتجزى كل نفس بما تسعى. اشهد ان لااله الا الله وحده لاشريك له شهادة عبد معترف بأن ليس للإنسان الا ما سعى, واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله ونبيه المقـتـفى, اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله واصحابه والتابعين وتابعهم الى يوم الجزاء.


Manaqib / Riwayat hidup Ayahnda KH. Mahfuz Amin dari kumpulan kebaikan dan perjuangan beliau, untuk selanjutnya mudah - mudahan dapat kita teladani kebaikannya, kita jaga apa yang telah ditinggalkannya dan kita teruskan perjuangannya sampai kapan pun. Amin.


 KH. Mahfuz Amin bin Tuan Guru HM. Ramli bin Tuan Guru H. Muhammad Amin adalah putra pertama dari sembilan bersaudara, pasangan Tuan Guru HM. Ramli dan Hj. Sabariah. Beliau dilahirkan di Pamangkih pada malam selasa tanggal 23 rajab 1332 H bertepatan tahun 1914 M di rumah orang tuanya. Beliau diasuh dan dibesarkan di bawah pengawasannya sehingga menjadi orang yang mulia dan berjasa.


 {Pendidikan Beliau} 

Almarhum pertama kali dididik dan dibesarkan di tengah – tengah keluarga yang taat beragama, sebab orang tua beliau yang bernama H. Muhammad Ramli adalah ulama berpengaruh dan dikenal mempunyai ilmu agama yang dalam. Tidak heran kalau di Pamangkih, orang tua dari Tuan Guru HM. Ramli yaitu Tuan Guru HM Amin dikenal dengan sebutan Tuan Guru Besar, sedangkan Tuan Guru HM Ramli dikenal dengan Tuan Guru Tuha, karena di tangan beliulah kata putus dalam berbagai persoalan, baik yang menyangkut bidang agama maupun problem sosial kemasyarakatan lainya. Dalam usia 6 tahun, almarhum sudah selesai belajar Al Qur’an tahap pertama, di bawah pengajaran langsung orang tua beliau. 


Pendidikan formal beliau tempuh setingkat Sekolah Dasar selama tiga tahun di Pamangkih yang kemudian dilanjutkan setingkat selama dua tahun di Desa Banua Kupang. Selain itu beliau tidak pernah belajar di sekolah formal lainnya. Untuk selanjutnya beliau menempuh pendidikan non formal berupa pengajian agama yang diberikan oleh orang tua beliau sendiri di samping mengikuti pengajian-pengajian yang ada di Desa Pamangkih. Selain itu beliau juga belajar dengan beberapa Tuan Guru yang ada di Desa Negara Kab. Hulu Sungai Selatan. 


{Berangkat ke Tanah Suci} 

Pada tahun 1938 M, saat berusia 24 tahun sesudah beliau menikah dengan seorang perempuan yang bernama Saudah, puteri dari tuan guru H.M Arsyad di Desa Kali Baru Kec. Batu Benawa Kab. HST. Pada tahun itulah oleh mertua beliau, Mahfudz Amin beserta isteri diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah untuk menunaikan ibadah haji seraya memperdalam ilmu pengetahuan agama. Karena mertua beliau menilai bahwa Mahfud Amin mempunyai cita cita yang tinggi dalam li i’lai Kalimatillah, bahkan pada waktu itu Mahfuz Amin dapat menjawab satu pertanyan dari beliau yang sebelumnya pertanyaan itu oleh mertua beliau tidak ditemukan jawabannya. Akan tetapi ketika pertanyaan itu dilontarkan kepada Mahfudz Amin, beliau pun mendapatkan jawaban yang benar benar cukup dan memuaskan. 


Adapun guru - 

guru beliau selama di Makkah adalah 

العالم العلامة الشيخ محمد ياسين بن عيسى الفادانى العالم العلامة الشيخ عبد القادر بن عبد المطلب المندلى العالم العلامة الشيخ ابو بكر بن سليمان جكرتا 

العالم العلامة الشيخ محمد احيد بن ادريس البغورى العالم العلامة الشيخ عبد الخالق فيراك ملزيا 

العالم العلامة الشيخ السيد علوى بن عباس الملكى العالم العلامة الشيخ السيد محمد أمين الكتبى 

العالم العلامة الشيخ حسن محمد المشاط 

العالم العلامة الشيخ مختار امفانن 

العالم العلامة الشيخ عبد الجليل المقدسي 

العالم العلامة الشيخ أنع شعرانى بن محمد عارف البنجرى العالم العلامة الشيخ نوح كلانتان ملزيا 

العالم العلامة الشيخ عبد الرحيم كلانتان ملزيا


 Dan yang lain-lainnya yang tidak disebutkan disini. 


{Kembali ke Kampung Halaman} 

Setelah tiga tahun menimba ilmu pengetahuan di tanah suci, beliau pulang ke tanah air dan tepat pada tanggal 8 Oktober 1941 tiba kembali di kampung kelahirannya. Sejak saat itu beliau mulai mengajar agama sambil terus belajar di samping aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. 


{Membangun Pesantren} 

Setelah hampir 20 tahun berkecimpung di masyarakat, bermacam pengetahuan dan pengalaman telah diperoleh, pahit manisnya kehidupan telah dilalui, namun cita-cita ingin menyebarkan dan meninggikan agama Allah tidak pernah padam. Hingga pada saatnya pada tahun 1958, fajar cita-cita yang diidamkan mulai terbit bersinar di Desa Pamangkih. Lembaran-lembaran kitab kuning yang mulai sirna kembali cerah dengan berdirinya sebuah Pondok Pesantren yang bernama “Ibnul Amin”. Nama ini diambil dari nama kakek beliau yang bernama Tuan Guru H.M Amin. Disamping sebagai tafaulan ( kesan yang baik ) dari makna Al Amin itu sendiri yaitu jujur dan dipercaya, dengan harapan mudah mudahan generasi yang dididik di Ibnul Amin menjadi generasi yang jujur dan dipercaya. 


Ada beberapa hal yang mendorong KH. Mahfuz Amin membangun Pondok Pesantren ini, diantaranya dorongan moral dari orang tua beliau sendiri ( Tuan Guru H.M. Ramli ) di mana kata beliau kepada anak Mahfuz Amin “Ikam di dalam menghadapi pelajaran agama apalagi kuncut pada aku, sama aku haja jangan. Ikam harus bafikir bagaimana caranya agar pelajaran agama lebih maju dari pada yang sudah ada sekarang ini.” 


Yang kedua, wasiat dari guru beliau yaitu KH. Abu Bakar bin Sulaiman Tambun Jakarta pada ketika berkunjung dan bersilaturrahmi ke Desa Pamangkih dan beliau melihat masih banyak lahan yang kosong, maka dengan tegas KH. Abu Bakar bin Sulaiman berkata agar supaya dibangun pondok sekalipun dengan seada-adanya atau sesederhana mungkin.


Yang ketiga, pengalaman beliau ketika belajar di Makkah Al Mukarramah di mana beliau sering menerima masukan-masukan dan cerita tentang pondok pesantren dari Sahabat-sahabat beliau yang berasal dari pulau Jawa dan Sumatera. Dengan didahului musyawarah bersama murid-murid beliau yang ada pada waktu itu sebanyak 17 orang, maka dicapai kata sepakat agar cita-cita yang mulia ini cepat terlaksana , maka disepakatilah dengan masing-masing mengusahakan 5 blek padi yang hasil penjualannya dibelikan bahan-bahan bangunan. Dengan modal tersebut tadi sehingga bisa dibangun dua buah asrama yang sangat sederhana masing-masing berukuran 3,5 m x 15,5 m dengan kapasitas 6 kamar ditambah dengah sebuah bangunan kecil yang difungsikan sebagai dapur tempat santri memasak. Inilah bangunan yang pertama kali. Dan Alhamdulillah sebagian bangunan itu sampai sekarang masih dapat kami lestarikan. 


Selanjutnya tersebarlah kabar keberadaan pondok pesantren ini, sehingga para thalabah pun berdatangan yang tentu saja menjadikan “ Ibnul Amin “ harus menambah asrama dan sarana-sarana yang lain sesuai dengan kebutuhan. Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1975 beliau juga membangun pondok pesantren putri untuk mencetak kader-kader muslimah yang shalehah, karena pada saat itu beliau melihat ketertinggalan kaum wanita dalam pendidikan agama, padahal peran mereka tak kalah pentingnya, sebab merekalah guru pertama dalam keluarga yang turut mewarnai kualitas generasi masa depan.


 المرأة عماد الدين اذا صلحت صلحت البلاد و اذا فسدت فسدت البلاد 


{Keuletan beliau} Almarhum adalah sosok pribadi yang tidak pernah menyerah dalam berjuang, baik dalam masa pendidikan maupun dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dan pikiran-pikirannya. Kelebihan beliau terletak pada ketekunan dan kerajinan dalam mengulang kaji sendiri (muthalaah) disamping sangat menghargai waktu. 


Walau di tengah kesibukan beliau dalam bekerja, karena tenaga dan waktu beliau hampir semua tercurah pada pembangunan dan memajukan pesantren yang beliau asuh, namun tidak berarti tertutup kesempatan menulis satu dua kitab untuk menunjang pelajaran di pondok beliau. 


Terbukti ada tiga karya tulis beliau, satu yang menjadi pokok bahkan yang pertama kali harus dipelajari santrinya, ialah Kitab Tashrif atau dikenal dengan Tashrifan. Walau tidak dicetak karena untuk membiasakan santri menulis dalam tahapan pertama. Kitab Tashrif ini selalu disalin oleh santri yang baru belajar. 


Karya beliau yang kedua adalah ringkasan Shorof yang berbahasa Arab dengan nama

 مـخـتصر حل المعقود فى نظم المقصود

Dan yang ketiga, untuk memudahkan para santrinya dalam belajar Ilmu Falaq, beliau ringkaskan satu kitab falaq yang besar yang diberi nama


 المحلولة فى مختصر المنهج الحمـيدية 


Beliau menaruh perhatian secara khusus dalam bidang ilmu falaq, baik mempelajari ataupun mengajarkannya. 


Disamping berkiprah dibidang keagamaan beliau juga sangat memperhatikan usaha mencerdaskan anak-anak di desanya. Hal ini terbukti dengan andil beliau yang sangat besar dalam membangun sekolah umum (SR) pada tahun 1951. Keberhasilan almarhum dalam belajar dikarenakan beliau sangat menghormati ilmu yang didapatkan dari gurunya dengan arti penghormatan yang benar dengan mengamalkan ilmu yang diperoleh itu. Beliau berhasil mengembangkan ilmu kepada murid-muridnya yang kini telah tersebar dimana-mana. Kalau dilihat masa belajar beliau memang relatif singkat. Tiga tahun di Mekkah dan beberapa tahun di dalam asuhan orang tuanya, tetapi karena kesungguhan beliau dalam menghormati ilmu sehingga tampaklah keberkatan dan manfaat dari ilmu pengetahun yang dimilikinya. Beliau sangat menghormati guru-gurunya, karena menurut beliau kalau seseorang ingin menjadi terhormat dalam hidupnya dia harus menghormati guru dan mengamalkan ilmunya. Beliau selalu menziarahi guru-guru yang masih hidup minimal setahun sekali dan sesudah meninggal ziarah ke kuburnya. Hal lain yang menonjol dari kepribadian almarhum adalah kasih sayangnya dengan para santri. Beliau menginginkan santrinya rajin dalam belajar hingga berhasil dan pandai dalam menyampaikan ilmunya kepada orang lain. Siang dan malam selalu berada di tengah-tengah para santrinya. Kalau ada yang bermain-main, beliau tegur dengan saran yang lembut diiringi nasehat dan nampak kegembiraan di mukanya ketika melihat santrinya yang sedang belajar. 


Beliau sangat dikenal dikalangan para ulama. Disamping selalu datang berkunjung kepada mereka, tak jarang kesempatan itu digunakan untuk bertukar pikiran, lebih-lebih pada masalah keagamaan. Beliau cukup dekat dengan KH. Hasyim Asy’ari, Jombang serta KH. Abdussomad, mufti kerajaan Pontianak. Beliau mempersilahkan siapa saja pejabat yang mau datang. Kalau mereka ingin memberikan donasi untuk pondok, beliau dengan tegas menerimanya selam tidak mengikat. Walau pun demikian beliau tidak pernah memohon kepada mereka dan tetap menjaga jarak. Prinsipnya adalah selama pergaulan itu tidak mengganggu perjuangan beliau untuk kemajuan pondok. 


Kepada para kadernya beliau berpesan agar selalu berusaha untuk menghidupi pondok bukan justru hidup dipondok. 


Beliau memang sosok pribdi istimewa, istiqamah, disiplin, tawadhu dan disertai semangant ikhlas berkorban, tidak ada keinginan menggapai kemewahan duniawi. Untuk kepentingan agama tidak segan-segan beliau mengorbankan kepentingan sendiri. Bahkan selama hidupnya, beliau tidak pernah memiliki kendaraan pribadi. 


Demikianlah setelah 37 berjuang untuk membangun serta membina Ibnul Amin dan santri-santrinya hari demi hari lembaran hidupnya dihabiskan untuk li i’laaikalimatillaah hingga usia senja. 


{Berpulang kerahmatullah} 


pada saat beliau berusia 80 tahun Keuzuran tampak bertambah, meskipun pengobatan selalu diupayakan. Sampai pada saatnya, hari Ahad, jam 08.45 tanggal 21 Zulhijjah 1415 H. / 21 Mei 1995 beliau menghembuskan nafas terakhir dalam pangkuan anak istri dan murid-murid beliau dalam usia 82 tahun 4 bulan 28 hari. Dikebumikan pada sore harinya dengan diantarkan oleh ribuan kaum muslimin ke tempat peristirahatan terakhir pada jam 3 sore di pemakaman umum Pamangkih bersampingan dengan orang tua beliau KH. Muhammad Ramli dan keluarga. 


Pamangkih berduka, derai tangispun pecah. Para santri seolah tak mampu untuk bicara. Masyarakat terpana karena ditinggal oleh sang panutan yang sangat berjasa untuk selama-lamanya. 


Beliau meninggalkan sesuatu yang sangat berharga, untuk diteruskan, dipelihara dan dijaga oleh generasi berikutnya. 


Terlalu mahal rasanya untuk ditinggalkan, terlalu sayang kenangan itu untuk dilupakan. Semoga Allah menerima segala amal kebaikannya. Amiin Yaa Rabbal ‘Alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAGIAN ANATOMI PADA SEBILAH KERIS

  BAGIAN ANATOMI PADA SEBILAH KERIS BAGIAN ANATOMI PADA SEBILAH KERIS : 1.   Pesi: Tangkai bilah yang dimasukkan ke dalam hulu (pegangan). 2...

Translate