Bismillahirrahmanirrahiim..
Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)
Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe
pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Siswa ditempatkan dalam
tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut
tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran
kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota
tim telah menguasai pelajaran tersebut. Akhirnya seluruh siswa dikenai
kuis tentang materi itu dengan catatan, saat kuis mereka tidak boleh
saling membantu.
Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah adanya
kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan kelompok
tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak
bisa menggantungkan pada anggota yang lain. Pembelajaran kooperatif
tipe STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk
saling memotivasi saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna
mencapai prestasi yang maksimal.
STAD terdiri dari beberapa tahapan dalam pelaksanaannya. Tahap – tahap tersebut terdiri dari :
1
|
Langkah 1
|
Guru menyampaikan materi pembelajaran ke siswa secara klasikal
|
2
|
Langkah 2
|
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4
– 6 siswa yang heterogen, baik dari segi kemampuan, agama, jenis
kelamin, atau lainnya).
|
3
|
Langkah 3
|
Dilanjutkan diskusi kelompok untuk penguatan materi (saling bantu membantu untuk memperdalam materi yang sudah diberikan)
|
4
|
Langkah 4
|
Guru memberikan tes individual, masing – masing mengerjakan tes tanpa boleh saling bantu membantu diantara anggota kelompok.
|
5
|
Langkah 5
|
Guru memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan individual dari skor dasar ke skor kuis
|
Daftar Pustaka
http://kumpulanilmukesahatan.blogspot.com/2015/05/pengertian-pembelajaran-kooperatif-tipe_92.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar